Saturday, October 27, 2012

Tenaga Dalam


TENAGA DALAM

Ketika mendengar kata tenaga dalam yang terlintas dalam benak sebagian besar orang adalah bisa melontarkan orang dari jarak jauh tanpa menyentuhnya. Karena memang dalam masyarakat kita yang dibicarakan tentang tenaga dalam ya seperti itu, membuat lawan terpenal tanpa bersentuhan. Dala perguruan silat tenaga dalam pun yang pasti di ajarkan memang seperti itu. Bisa dibilang kalo mementalkan orang tanpa menyentuh itu merupakan hal yang wajib dipelajari dalam perguruan tenaga dalam, akan tetapi benarkah hal tersebut sudah menjadi kurikulum atau agenda wajib dalam latihan? Belum ada yang bisa menjawabnya dengan pasti
Oleh sebagian orang kemampuan mementalkan seperti itu merupakan sebuah keahlian yang membanggakan, tetapi oleh sebagian yang lain menganggap itu hanyalah sebuah kebohongan dan penipuan. Dianggap kemampuan tersebut hanya berlaku pada orang yang satu kelompok/satu perguruan saja dan tidak berfungsi kepada orang lain yang berasal dari kelompok/aliran/perguruan yang lain.
Terlepas dari kedua pendapat tersebut menurut penulis yang namanya tenaga dalam itu akan berlaku dimanapun dan kapan pun waktunya. Tak mengenal adat istiadat maupun budaya juga, karena tenaga dalam adalah tenaga yang tersimpan di dalam tubuh manusia semenjak dilahirkan di dunia ini.
Dalam kenyataan tenaga dalam mempunyai berbagai macam fungsi tergantung dari pemanfaatan dari manusia yang menggunakannya untuk mempermudah aktivitasnya. Bisa berfungsi untuk menambah tenaga secara fisik bagi pekerja keras yang menggunakan fisik, bisa menambah daya tahan tbuh dari  hawa panas, dingin, dari serangan penyakit. Tak mudah terkena penyakit semacam pusing & masuk angin karena daya tahan akan lebih bertambah. Untuk kekuatan juga tentunya akan bertambah  beberapa persen dari tenaga bisaa sebelum mempelajari & bisa menggunakan tenaga dalam. Karena menurut penulis dengan mempelajari tenaga dalam maka tenaga manusia akan di manfaatkan secara lebih maksimal, minimal lebih ditinkatkan fungsinya.
Jadi yang namanya tenaga dalam bukan hanya mementalkan orang tanpa menyentuh saja. Jika seorang yg takut karena dikejar anjing maka akan berlari lebih cepat dari lari dengan kekuatan maksimalnya jika dalam kondisi normal. Secara tak disadari tenaga dalam tersebut keluar menambah kekuatan dan kecepatan berlarinya.
Jadi intinya penulis tenaga dalam bisa dimanfaatkan untuk berbagai keperluan, entah dalam pekerjaan, olah raga atau pertandingan maunpun untuk membela diri dari hal yang tak diinginkan dalam kehidupan sehari-hari. Jika ada yang demontrasi mementalkan orang secara tipuan itu bukan termasuk dalam kategori tenaga dalam, mungkin hanya sekedar untuk acting drama atau yang lain. Tetapi jika dilakukan untuk tujuan menipu semoga cepat di beri kesadaran oleh Tuhan Yang Maha Kuasa. amin

No comments:

Post a Comment